Jumat, 03 Oktober 2014

Terhentinya Laju Kaderisasi Dakwah (Bagian ke-2)

Dari fase membina dan mempersiapkan diri, beranjak menuju medan pertarungan. Bukan lagi sebuah proses sejengkal demi sejengkal, atau satu demi satu, tetapi dipertaruhkannya sebuah cita dakwah, antara terukir dalam sejarah atau lenyap ditelan di dalamnya.

Bukan lagi hanya persoalan membesar dan memperbanyak kekuatan, tetapi sudah harus menghadapi konfrontasi. Bukan cerita tentang mikroorganisme kecil, yang tiada agenda lain kecuali membelah, tetapi tentang pembawa amanah sebagai khalifah di muka bumi, memiliki tugas untuk mewujudkan karya-karya peradaban, sekalipun secara fisik terus menua.

Eksekutor suatu kemenangan tak mesti ditentukan oleh banyaknya jumlah. Juga tak hanya didasarkan pada kekuatan. Kemampuan untuk membaca dan menentukan strategi lebih menjadi penentu, sekalipun secara kuantitas lebih kecil dan sedikit.

Adalah ketika Thalut membawa pasukannya, tatkala dihadapkan pada ujian, sebagian besar dari pasukannya tertinggal. “Maka tatkala Thalut keluar membawa tentaranya, ia berkata: "Sesungguhnya Allah akan menguji kamu dengan suatu sungai. Maka siapa di antara kamu meminum airnya; bukanlah ia pengikutku. Dan barangsiapa tiada meminumnya, kecuali menceduk seceduk tangan, maka dia adalah pengikutku." Kemudian mereka meminumnya kecuali beberapa orang di antara mereka. Maka tatkala Thalut dan orang-orang yang beriman bersama dia telah menyeberangi sungai itu, orang-orang yang telah minum berkata: "Tak ada kesanggupan kami pada hari ini untuk melawan Jalut dan tentaranya.” (QS. Al Baqarah: 249)

Sekelompok kecil yang tersisa, tapi ia telah teruji dan ditempa. “Orang-orang yang meyakini bahwa mereka akan menemui Allah, berkata: "Berapa banyak terjadi golongan yang sedikit dapat mengalahkan golongan yang banyak dengan izin Allah. Dan Allah beserta orang-orang yang sabar." Tatkala Jalut dan tentaranya telah nampak oleh mereka, merekapun (Thalut dan tentaranya) berdoa: "Ya Tuhan kami, tuangkanlah kesabaran atas diri kami, dan kokohkanlah pendirian kami dan tolonglah kami terhadap orang-orang kafir." Mereka (tentara Thalut) mengalahkan tentara Jalut dengan izin Allah dan (dalam peperangan itu) Daud membunuh Jalut, kemudian Allah memberikan kepadanya (Daud) pemerintahan dan hikmah (sesudah meninggalnya Thalut) dan mengajarkan kepadanya apa yang dikehendaki-Nya. Seandainya Allah tidak menolak (keganasan) sebahagian umat manusia dengan sebagian yang lain, pasti rusaklah bumi ini. Tetapi Allah mempunyai karunia (yang dicurahkan) atas semesta alam.” (QS. Al Baqarah: 249-251)

Mereka lebih layak mendapatkan anugerah kemenangan. Sedang besarnya jumlah tanpa keteguhan seringkali menjadi tak berfaedah, bahkan menjadi beban. “Sesungguhnya Allah telah menolong kamu (hai para mukminin) di medan peperangan yang banyak, dan (ingatlah) peperangan Hunain, yaitu diwaktu kamu menjadi congkak karena banyaknya jumlah (mu), maka jumlah yang banyak itu tidak memberi manfaat kepadamu sedikitpun, dan bumi yang luas itu telah terasa sempit olehmu, kemudian kamu lari kebelakang dengan bercerai-berai. Kemudian Allah menurunkan ketenangan kepada RasulNya dan kepada orang-orang yang beriman, dan Allah menurunkan bala tentara yang kamu tiada melihatnya, dan Allah menimpakan bencana kepada orang-orang yang kafir, dan demikianlah pembalasan kepada orang-orang yang kafir.” (QS. At Taubah: 25-26)

Stagnan atau berguguran, bisa bermakna seleksi bagi orang-orang yang terpilih, tetapi bisa juga bermakna pupusnya suatu cita. Antara terpilih dari suatu rangkaian ujian, tenggelam di dalamnya, atau masih menunggu. Antara terwujudnya buah-buah kemenangan sempurna atau tumbang dalam kekalahan sempurna, atau jika harus memberikan estafet. Harus terus ada suplai energi untuk menjaga keberlangsungannya, yang mungkin tak selesai dalam satu kurun. Untuk tegaknya sebuah pokok, jikapun tidak, untuk terjaganya sebuah benih, untuk keberlangsungan sebuah regenerasi, ketika masih harus menempuh perjalanan panjang sampai batas zaman.


Tidak ada komentar: